Search This Blog

Saturday, January 29, 2011

Gerak Lurus Beraturan
Pengertian Gerak
Konsep Fisika yang  sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah gerak : manusia berjalan, Planet berputar, pohon tumbang. Seluruh alam semesta bergerak.
Bayangkan kereta api tersebut sedang melintas di depan Anda. Penumpang yang duduk dalam kereta tersebut, menurut Anda bergerak atau diam?  Jawabannya adalah: bergerak sekaligus diam! Bergerak terhadap pengamat di bumi dan diam terhadap kereta.
Setiap gerak didefinisikan sebagai perubahan posisi relatif terhadap titik acuan tertentu. Namun dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan bumi (tanah) sebagai titik acuan umum.
Pengertian Jarak Dan Perpindahan
  • Jarak didefinisikan sebagai panjang seluruh lintasan yang dialami benda
  • Perpindahan adalah panjang lintasan lurus antara posisi awal dengan posisi akhir
  • Jarak hanya memiliki nilai sedangkan perpindahan memiliki nilai dan arah gerak.
Untuk memperjelas perbedaan antara jarak dan perpindahan. diilustrasikan suatu benda bergerak 70 meter ke timur kemudian berbalik ke barat sejauh 30 meter. Jarak (distance) yang ditempuh benda di atas adalah 100 meter ditunjukkan oleh garis putus-putus, sedangkan perpindahannya (displacement) 40 meter, ditunjukkan garis sambung, ke arah timur.
Ciri – Ciri Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Suatu benda dikatakan bergerak lurus beraturan, jika :
  1. Benda tersebut  bergerak dengan kelajuan tetap atau tidak ada perubahan kecepatan terhadap waktu., maka percepatannya nol.
  2. Benda tersebut berada pada lintasan yang lurus.
Untuk menyelidiki apakah sebuah benda melakuakan GLB atau tidak dapat digunakan  sebuah alat yang disebut pewaktu ketik atau ticker timer dan hasil percobaannya

Rumus Gerak Lurus Beraturan (GLB)
Seandainya gerak benda pada Gambar tersebut membutuhkan waktu 20 sekon, kelajuan orang tersebut adalah 5 m/s, sedangkan besar kecepatannya 2 m/s. Bagaimanakah hal ini diperoleh?    Jarak (distance) yang ditempuh benda di atas adalah 100 meter ditunjukkan oleh garis putus-putus, jadi kelajuannya = jarak / waktu = 100 m / 20 s  = 5  m/s.  sedangkan perpindahannya (displacement) 40 meter, ditunjukkan garis sambung, ke arah timur., jadi kecepatannya = perpindahan / waktu = 40 m / 20 s = 2 m/s.

Dari ilustrasi tersebut, kita dapat merumuskannya :
Dimana :  V = kecepatan  ( m/s)
               S  =  Perpindahan  (m)
                t  =  Waktu   (sekon)

Grafik Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Grafik Posisi terhadap Waktu
            Seorang pemain baseball  berlari pada lintasan lurus dengan hasil pengukuran waktu dan posisi seperti   tabel berikut :
Jika dijadikan  diagram adalah sebagai berikut :

No comments:

Post a Comment